Pahlawan Go to School Bangkitkan Semangat Kebangsaan

10 November 2016

Sebanyak 150 siswa siswi dari 17 SMA sederajat di Jakarta dan sekitarnya berwisata sejarah dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan 2016.

"Kegiatan ini sebagai upaya untuk membangkitkan semangat kebangsaan terutama bagi generasi muda," kata Dirjen Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial Hartono Laras saat melepas para pelajar peserta wisata sejarah di halaman Kementerian Sosial, Jakarta, Rabu 2 November 2016.

Wisata sejarah berlangsung di tiga lokasi yang bernilai historis, yaitu Monumen Pancasila Sakti atau yang lebih dikenal dengan Lubang Buaya, Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, dan Museum Satria Mandala.

Sejumlah siswa yang ikut antara lain berasal dari SMA Labschool Jakarta, Gandhi Memorial Indonesian School, SMA Negeri 3 Tangerang, SMA Negeri 8 Tangerang dan SMA Al-Azhar.

Mereka disambut oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di TMPN Kalibata dan berziarah serta tabur bunga.

Hartono Laras mengatakan, sekolah-sekolah yang ikut wisata sejarah sudah diseleksi dan bekerja sama dengan guru sekolah masing-masing.

"Setelah nanti puncak Hari Pahlawan 10 November, kita akan berkunjung ke sekolah-sekolah untuk sosialisasi dalam kegiatan Pahlawan Go to School," kata Hartono.

Pada Hari Pahlawan 2016, panitia nasional telah meminta seluruh kementerian dan lembaga, pemerintah daerah di seluruh Tanah Air untuk ikut serta menyemarakkan dengan berbagai kegiatan.

Salah satu siswa peserta wisata sejarah dari SMA Al-Azhar, Naufal, mengaku antusias mengikuti kegiatan tersebut.

"Belum pernah ikut acara ini, maka saya mengajukan diri untuk ikut wisata sejarah karena ingin  tahu juga tempat-tempat sejarah di Ibu Kota," kata Naufal.

Meski bersekolah di wilayah Jakarta, ia mengaku belum pernah mengunjungi Monumen Pancasila Sakti dan juga Museum Satria Mandala.

"Kalau ke TMP Kalibata sudah pernah, tapi sudah lama sekali hanya jalan-jalan saja," kata Naufal.

 

Liputan6

http://news.liputan6.com/read/2642336/pahlawan-go-to-school-bangkitkan-semangat-kebangsaan?source=search