Ini cara mudah untuk tingkatkan kreativitas

20 May 2016

Kreativitas merupakan sebuah hal yang sangat diperlukan banyak orang baik dalam kehidupan sehari-hari ataupun pekerjaan. Meningkatkannya mungkin merupakan sebuah usaha yang perlu banyak pemikiran dan usaha. Namun ternyata terdapat cara yang sangat mudah dan cepat untuk mewujudkannya. Cara tersebut adalah dengan berpura-pura menjadi seseorang yang kreatif dan melepaskan diri dari stereotip.

Dilansir dari Pacific Standard, sebuah penelitian di University of Maryland menyebutkan bahwa pengaruh stereotip itu lah yang menjadi penghambat dari seseorang untuk menjadi lebih kreatif. Ketika seseorang sudah berpikir bahwa kreativitas yang dimilikinya rendah maka hal itu yang akan terjadi selanjutnya.

Dalam penelitian, Denis Dumas dan Kevin Dunbar selaku peneliti melibatkan 96 mahasiswa dari berbagai jurusan. Sepertiga dari partisipan diminta untuk berpura-pura jadi seorang penyair eksentrik. Sepertiga diminta jadi penjaga perpustakaan yang teliti, dan sisanya tidak diberi instruksi khusus.

Seluruh partisipan kemudian mengerjakan sebuah tes dengan memberi nama baru pada 10 benda sehari-hari dan memberikan fungsi yang benar-benar berbeda kepadanya. Dari hasil tes tersebut diketahui bahwa seseorang yang diminta menjadi penyair eksentrik mendapat nilai lebih tinggi dalam memberi nama dan fungsi baru terhadap berbagai benda tersebut. Sedangkan seseorang yang berperan sebagai penjaga perpustakaan mendapat nilai yang paling rendah.

Pada percobaan kedua, peneliti melibatkan 105 mahasiswa untuk melakukan hal yang hampir serupa. Hanya saja pada percobaan ini, seseorang akan diminta bertukar peran setiap menjelaskan lima benda. Peran yang ditawarkan pun tetap sama yaitu penyair eksentrik dan penjaga perpustakaan.

Hasil yang didapat ternyata hampir sama dengan percobaan pertama. Ketika mereka membayangkan dirinya sebagai seorang penyair maka muncul semakin banyak inspirasi dalam memberi nama dan fungsi baru terhadap sebuah benda. Ketika diminta menjadi penjaga perpustakaan, imajinasi mereka menjadi sedikit terhambat dan tidak sebebas peran pertama.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran serta stereotip yang diberikan terhadap seseorang adalah penghambat dalam perkembangan kreativitasnya. Jadi jika Anda ingin menjadi lebih kreatif, caranya cukup mudah yaitu dengan berpikir dan meyakinkan diri sendiri bahwa Anda memang cukup kreatif.

 

Reporter : Rizky Wahyu Permana  merdeka.com

http://www.merdeka.com/gaya/ini-cara-mudah-untuk-tingkatkan-kreativitas.html