Puasa Bukan Alasan Untuk Bermalasan

27 June 2015

Owalah, mentang-mentang poso, dadi alasan gawe males-malesan. Ojok sampek! Masiyo poso, yo harus tetap bugar beraktivitas rek J Terus piye carane supoyo tetep segar dan bersemangat melakukan aktivitas saat puasa? Nggak  ada salahnya ikutan tips di bawah ini:

  1. Jelas yang pertama dan utama adalah mengonsumsi makanan untuk sahur dan berbuka puasa yang mengandung lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Kalau pas sahur nggak sempet makan karena kawanen tangi, ya terimalah ke-lemes-an saat berpuasa.
  2. Minum air putih dengan cukup. Bisa dengan 2 gelas air saat berbuka puasa, 1 gelas sebelum tarawih, 2 gelas saat beraktivias di malam hari, 1 gelas sebelum tidur, dan 2 gelas saat sahur. Jadi pas 8 gelas sehari deh.
  3. Hindari mengawali buka puasa dengan makanan atau minuman dingin, lebih baik yang hangat saja. Contohnya kolak, teh hangat, atau bubur ketan hitam. Ini demi kebaikan perut dan asam lambung kita.
  4. Sebaiknya tidak langsung menyantap hidangan buka puasa (makanan berat). Beri jeda minimal satu jam sebelum akhirnya makan menu utama, seperti nasi. Tapi nek wis keluwen, yaaa gimana lagi, boleh deh makan langsung asal nggak berlebihan.
  5. Kalau makan mending bertahap. Tidak langsung satu bakul dihabiskan. Kan kata peribahasa sedikit demi sedikit lama-lama menjadi buncit, eh bukit.
  6. Perbanyak makan buah dan sayur, serta makanan yang berserat biar jreng saat beraktivitas di siang hari.
  7. Buat yang punya sakit lambung, hindari ketan, mie, daging berlemak, ikan dan daging yang diawetkan, sayuran mentah, sayuran berserat, minuman yang mengandung soda, dan bumbu yang tajam (cuka, cabai, asam). Jenis makanan itu bisa menimbulkan gas yang berpengaruh meningkatkan produksi asam lambung.
  8. Buat yang badannya agak gede (baca: gendut), ada baiknya menghindari makanan yang digoreng.
  9. Sedangkan buat yang badannya kurusan (baca: krempeng), sangat dianjurkan untuk menambah porsi susu.

 

Sumber: https://nuepoel.wordpress.com/tag/tips-agar-tetap-segar-selama-puasa/

http://www.hipwee.com/tips/puasa-lancar-tubuh-tetap-segar-ikuti-6-langkah-ini-biar-kondisi-badanmu-maksimal/

Gambar: google image