Pesawat Hercules Jatuh di Medan, Sedikitnya 30 Tewas

30 June 2015

Sebuah pesawat Hercules C-130 milik TNI Angkatan Udara jatuh dan menimpa sebuah hotel dan sejumlah rumah di Medan, Sumatra Utara, Selasa (30/6), menewaskan sedikitnya 30 orang, menurut pihak berwenang.

"Informasi terakhir yang kami dapat adalah bahwa 30 orang tewas.. Jumlahnya bisa bertambah," ujar Hisap Turnip, juru bicara badan SAR, kepada Reuters.

Tidak jelas berapa korban di pesawat atau di darat.

Pesawat tersebut sedang terbang dari markas Angkatan Udara Soewondo di Medan ke Kepulauan Natuna dan jatuh beberapa menit setelah lepas landas.

Juru bicara Rumah Sakit Adam Malik, Sairi M. Saragih mengatakan, rumah sakit itu telah menerima 20 jenazah sejauh ini. Ia mengatakan dua orang dari daerah sekitar luka kritis.

Kepala Angkatan Udara Marsekal Agus Supriatna mengatakan pilot memberitahu menara pengawas bahwa pesawat harus kembali karena masalah mesin.

"Pesawat jatuh ketika belok ke kanan untuk kembali ke bandara," ujarnya. Ia menambahkan bahwa ada 17 personel militer di dalam pesawat.

Kecelakaan Hercules ini merupakan pesawat kedua dalam 10 tahun terakhir yang jatuh di Medan. Bulan September 2005, sebuah pesawat Mandala Airlines Boeing 737 jatuh ke daerah perumahan tak lama setelah lepas landas dari bandara Polonia Medan, menewaskan 143 orang termasuk 30 di darat.*

 

Sumber  : voaindonesia.com